Belajar Pemrograman

Perjalanan belajar pemrograman dimulai dari hal-hal yang mendasar, kemudian berlanjut ke berbagai konsep yang lebih dalam dan kompleks. Ini adalah catatan saya dalam belajar pemrograman.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah alat utama yang dipakai dalam membuat program. Ada dua hal yang perlu dipelajari, syntax dan fitur. Termasuk di dalamnya konsep seperti variabel, operasi aritmatika dan logika, pernyataan kondisional (if else), dan perulangan (looping). Mengetahui fitur-fitur bahasa pemrograman juga akan membantu kita dalam membuat program, cari tahu apa yang bisa dilakukan dengan JavaScript, Go atau Ruby. Memahami syntax dan fitur bahasa pemrograman adalah langkah penting sebelum melangkah ke tahap berikutnya.

Buat Sesuatu yang Nyata

Selanjutnya, terapkan pengetahuan dasar tadi dengan membuat sesuatu yang lebih nyata. Misalnya yang paling populer, membuat aplikasi web sederhana yang memiliki fungsi CRUD (Create, Read, Update, Delete) dan dapat terhubung ke database. Proyek seperti ini akan membantu memahami bagaimana aplikasi nyata berfungsi dan melibatkan konsep pemrograman dalam konteks yang lebih praktis.

Algorithms and Data Structures

Memahami algoritma dan struktur data membantu dalam memecahkan masalah dan mengoptimalkan solusi yang kita buat. Dengan mengimplementasikan algoritma yang sesuai dan menggunakan struktur data yang efisien, kita dapat meningkatkan kinerja aplikasi dan mengatasi masalah dengan lebih baik. Kemampua ini bisa kita latih dengan mengerjakan soal-soal di website seperti HackerRacnk, LeetCode dan Codewars.

Testing dan Refactoring

Testing adalah bagian penting dalam pengembangan perangkat lunak yang berkualitas. Pelajari konsep unit testing dan bagaimana menulis tes yang efektif untuk kode kita. Ini membantu memastikan bahwa kode yang kita tulis berfungsi seperti yang diharapkan dan dapat mendeteksi kesalahan dengan cepat. Refactoring adalah proses mengubah kode yang ada tanpa mengubah fungsionalitasnya dalam rangka menjaga keberlanjutan kode. Dengan refactoring, kita dapat meningkatkan struktur kode untuk menjadi lebih efisien dan mudah dikelola (mudah dipahami oleh semua anggota tim). Kode testing yang baik akan menjaga proses refactoring tidak mengubah fungsi sebuah kode, jadi kita tidak perlu khawatir muncul error tiba-tiba karena kita melakukan kesalahan perubahan dalam kode.

Design Patterns

Design pattern adalah solusi untuk masalah umum dalam pengembangan perangkat lunak yang telah diuji dan terbukti. Dengan memahami design pattern, kita dapat merancang dan mengimplementasikan kode dengan cara yang lebih sistematis dan terstruktur. Pemahaman tentang design pattern dapat dilatih dengan membaca buku dan sering membaca kode program open source.

Prinsip-prinsip dan Best Practices

Prinsip-prinsip ini membantu menulis kode yang lebih terstruktur, mudah dimengerti, dan mudah dipelihara. Kita mungkin pernah mendengar hal-hal seperti SOLID principles dan clean code. Dalam hal ini, kita tidak harus secara ketat menerapkannya, pelajari saja dulu lalu terapkan yang berguna bagi kita. Selain itu, belajar dari framework populer seperti Laravel, Django, atau Ruby on Rails. Framework-framework ini tidak hanya menyediakan alat-alat yang berguna, tetapi juga mendorong pengguna untuk menerapkan praktik yang umum digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.

Kesalahan Umum dan Lesson Learned

Jarang sekali kita menjadi orang pertama yang mencoba menyelesaikan sebuah masalah pemrograman. Karena itu kita bisa belajar dari orang lain tentang kesalahan umum dan hal yang dipelajari dari sebuah proses. Misalnya kita sedang memecahkan masalah tertentu namun tidak punya ide bagaimana melakukannya dengan benar. Di luar sana banyak blog yang menulis artikel teknis tentang hal yang sama, kesalahan yang dilakukan, dan pelajaran yang dapat dipetik. Ada baiknya kita membaca blog-blog teknis yang biasa ditulis oleh perusahan teknologi atau para senior.


Belajar pemrograman adalah perjalanan yang terus-menerus. Meskipun kita telah melewati beberapa tahap dasar dalam pembelajaran, masih banyak hal yang perlu dipelajari. Fokus pada hal-hal yang fundamental akan membuat kita punya dasar pemahaman yang kuat, itu akan mempermudah kita mempelajari hal lain secara luas dan menyeluruh.


Written by@mmdmthr
My notes in public space

GitHubLinkedIn